Monday, October 21, 2013

Kisi - Kisi Ujian CPNS 2013

Berikut kami berikan sedikit Tips sukses dalam menghadapi Ujian Soal CPNS yang mungkin bisa membantu anda ketika akan mengikuti ujian CPNS. Selain itu juga kami berikan kisi-kisi yang sesuai dengan soal CPNS dan pembahasannya. Perlu diingat bahwa soal yang ada dalam ujian CPNS sangat sulit apalagi dengan jumlah soal yang lumayan banyak, jadi sangat dibutuhkan kerja keras dalam berpikir, konsentrasi dan kecermatan yang sangat tinggi. Selain itu jangan sepelekan kebugaran fisik karena juga menentukan kesiapan anda dalam menghadapi Ujian CPNS.

http://soalonlinecpns.blogspot.com/

Persiapkan Bekal Sebelum Perang

Bagaimana jadinya kalau kita akan menuju medan perang tanpa senjata sama sekali atau hanya dengan senjata apa adanya? Sudah pasti anda akan kalah telak bukan ? Berharap keajaiban akan datang dan hanya berdoa dengan bekal seadanya itu mustahil terjadi tanpa usaha. Jadi persiapkan bekal anda dengan mempelajari soal-soal CPNS yang sesuai dengan kisi-kisi Ujian. Semakin luas pengetahuan kita dalam menjawab soal, semakin besar peluang kita dalam menjawab soal dengan benar. 

Pelajari Kisi - kisi soal CPNS

Hindari pemborosan uang, waktu, dan pikiran kita dengan pembelian soal-soal yang tidak terkait dengan  materi  yang  akan  diujikan. Carilah kisi-kisi yang sesuai dengan ujian CPNS. Berikut susunan kisi-kisi CPNS Tahun 2013 :

Tes Kompetensi Dasar (TKD)

Tes Kompetensi Dasar adalah tes yang menguji anda dibidang pengetahuan, keterampilan, dan sikap/ peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan  verbal,  kemampuan kuantitatif,  kemampuan  penalaran,  kemampuan  beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif. Soal cpns Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini terdiri atas tiga katagori, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes karakteristik Pribadi (TKP).

Jumlah Soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang diujikan adalah 200 soal dan waktu yang diberikan hanya 2 jam saja. Dengan rincian :

•  Soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 50 soal;
•  Soal Tes Pengetahuan Umum (TPU) sebanyak 50 soal;
•  Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sekitar 100 soal;  

A. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan kebangsaan memiliki point untuk penilaian passing grade dengan skor/ point minimalnya adalah 10. yakni minimal 20 jawaban yang benar dari 50 soal yang ditanyakan agar dapat melangkah ke proses selanjutnya.
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan : 

     1. Pancasila; 
     2. Bhinneka Tunggal Ika; 
     3. UUD 1945; 
     4. Tata Negara; 
     5. Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah; 
     6. Sejarah Indonesia; 
     7. Bahasa Indonesia; 
     8. Bahasa Inggris; 
     9. Pengetehuan dan Wawasan Umum.

B. Test Intelegensi Umum (TIU)

Tes Intelegensi Umum memiliki point untuk penilaian passing grade dengan skor/ point minimalnya adalah 15 yakni minimal 30 jawaban yang benar dari 50 soal yang ditanyakan agar dapat melangkah ke proses selanjutnya. Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan : 
     1) Kemampuan verbal;
     Tes Sinonim (persamaan kata), 
     Tes Antonim (lawan kata), 
     Tes Padanan hubungan kata;  
     Tes Pengelompokan kata.

     2)  Kemampuan numerik;
     Tes aritmetik (hitungan);
     Tes Seri angka,
     Tes Seri huruf; 
     Tes Logika Angka;
     Tes Angka dalam cerita.

     3)  Kemampuan berpikir logis dan analisis;
     Tes Logika Umum;
     Tes Analisa Pernyataan;
     Tes Kesimpulan Silogisme;
     Tes logika Cerita;


C. Test Karakteristik Kepribadian (TKP)
 
Test Karakteristik Kepribadian (TKP) menjadi bidang yang paling besar pengaruh nilai poinnya untuk penilaian passing grade dengan skor/ point minimalnya adalah 30 yakni minimal 60 jawaban yang benar dari 100 soal yang ditanyakan (nilai satu jawaban yang benar adalah skor 0,5) agar dapat melangkah ke proses selanjutnya. Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :

     1) Tes Integritas diri;
     2) Tes Semangat berprestasi;
     3) Tes Kreatifitas dan inovasi;
     4) Tes Orientasi pada pelayanan;
     5) Tes Orientasi kepada orang lain;
     6) Tes Kemampuan beradaptasi;
     7) Tes Kemampuan mengendalikan diri;
     8) Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
     9) Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
    10)  Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan;
    11)  Tes Kemamapuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

TES KOMPETENSI BIDANG ( TKB )

Pada Tes Kompetensi Bidang, anda akan diuji pada keterampilan yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pekerjaan. Dalam menyusun materi soal TKB harus disesuaikan dengan formasi jabatan atau pekerjaan. Dengan demikian, materi soal TKB untuk  jabatan yang  satu berbeda dengan jabatan yang  lain. Lembaga menetapkan  soal TKB untuk lowongan  formasi jabatan  fungsional  tertentu  berdasarkan  materi  ujian  yang  disusun  oleh instansi pembina jabatan fungsional tertentu. Tes Kompetensi Bidang (TKB) merupakan tahap kedua setelah peserta seleksi penerimaan cpns dinyatakan lulus pada tahap pertama (Tes Kompetensi Dasar), tidak semua formasi jabatan yang dilamar dilakukan tahap TKB ini, artinya tergantung posisi formasi yang kita lamar. Tes Kompetensi Bidang meliputi ;

    a)  Tes tertulis;
    b)  Tes praktek (performance test);
    c)  Tes psikologi lanjutan, dan atau;
    d)  Tes wawancara.


Sumber : cpnsonline.com

 

0 komentar:

Post a Comment