Sunday, August 18, 2013

Soal CPNS : Tes Karakter Pribadi

Tes Karakter Pribadi [ TKP ] merupakan salah satu Tes Kompetensi Dasar [ TKD ] yang wajib diikuti oleh peserta Tes Seleksi Penerimaan CPNS. Tujuan diadakannya Tes Karakter Pribadi [ TKP ] adalah untuk mengetahui potensi diri para peserta dari berbagai aspek. Tes Karakter Pribadi mempunyai beberapa macam, diantaranya tes kepribadian grafis yang bertujuan menilai kepribadian seseorang berdasar gambar yang dibuat, tes kepribadian kuesioner yang bertujuan menilai kepribadian seseorang berdasar jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Tes Karakter Pribadi [ TKP ] digunakan untuk menilai kompetensi peserta yang meliputi Integritas Pribadi, Semangat Berprestasi, Kreativitas dan Inovasi, Orientasi pada Pelayanan, Orientasi Kepada Orang lain, Kemampuan Beradaptasi, Kemampuan Mengendalikan Diri, Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas, Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan, Kemampuan Bekerja Sama Dalam Kelompok, dan Kemampuan Menggerakkan dan mengkoordinir Orang Lain.



Integritas Diri

Semakin kita memiliki integritas maka semua orang akan segan dan hormat. Begitu pula sebaliknya, semakin kita tidak memiliki integritas maka semua orang akan melecehkan dan menyepelekan kita. Maka jadilah manusia yang punya integritas : jujur, tegas dan disiplin.

Semangat Berprestasi

Jadilah manusia yang selalu nomor 1 dalam hal positif, kalau tidak bisa minimal menjadi golongan orang yang terbaik. Seringlah bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat tinggi agar kita juga punya etos yang tinggi pula.

Kreativitas dan Inovasi

Sering-sering berkreasi dan berpikir yang berbeda dari biasanya. Menyelesaikan permasalahan dengan cara yang berbeda dan memperbanyak sharing tentang ide dan gagasan dengan orang-orang yang lebih pintar.

Orientasi dan Pelayanan

Membiasakan untuk tidak menunda-nunda pekerjaan, bekerja dengan on time, memanfaatkan waktu luang dengan hal yang positif/ produktif, tidak membuang waktu untuk hal yang sia-sia.

Orientasi Kepada Orang lain

Manusia tidak ada yang sempurna, jadi kita hidup didunia ini butuh pertolongan orang lain karena kita diciptakan untuk saling tolong menolong. Meskipun manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna namun setiap orang pasti mempunyai kelemahan dan kekurangan. Tujuan saling tolong menolong untuk menciptakan keharmonisan diantara satu dengan yang lain.

Kemampuan Beradaptasi

Membiasakan diri beradaptasi dengan lingkungan, berusaha berkompromi dengan keadaan yang ada dan belajar sesuatu hal baru/ perubahan

Kemampuan Mengendalikan Diri

Kemampuan mengendalikan diri/ hawa nafsu pada diri kita sangatlah berguna. Saat kita menghadapi suatu tantangan, cobaan, kesabaran adalah kunci sukses. Bagi yang beragam Islam, terbiasa puasa adalah salah satunya yang bisa mengendalikan hawa nafsu.

Kemampuan Bekerja Mandiri dan Tuntas

Berusaha sebaik-baiknya dengan selalu berpikir positif [ positif thinking ], tidak pernah takut akan gagal. Selalu yakin akan hasil akhir yang baik, meski Tuhanlah yang menentukan

Kemauan dan Kemampuan Belajar Berkelanjutan

Belajar menghargai orang lain, tanpa mencari kesalahan dan kelemahan orang lain. Kita manusia pasti mempunyai kekurangan, belajar secara kontinu dengan sabar akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Kemampuan Bekerjasama Dalam Kelompok 

Setiap tingkah laku wajib kita pertanggungjawabkan. Begitu pula ketika bekerja dalam kelompok, berusahalah anda menjadi bagian yang berguna di dalam kelompok itu.

Kemampuan Menggerakkan dan Mengkoordinir Orang Lain 

Jika menjadi pemimpin yang tegas, jujur, dan disiplin, bawahan anda akan segan, patuh dan hormat kepada anda. Ketertiban bisa ditegakkan dengan kedisiplinan dan ketegasan.

Soal Online CPNS Tes Karakter Pribadi

Berikut kami berikan soal online Tes Karakter Pribadi [ TKP ], bila anda ingin mendapat soal online dan offline secara lengkap yang berisi materi dan soal Tes Kemampuan Dasar [ Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakter Pribadi ] Tes Kemampuan Bidang, Materi Honorer K2, TOEFL, dan masih banyak lagi bisa anda beli DISINI. Silahkan pilih link dibawah ini untuk mulai mengerjakan soal online;

5 comments:

  1. terima kasih latihan soal onlineya

    ReplyDelete
  2. Iya sama2 mas, trims sdh berkunjung ........

    ReplyDelete
  3. latihan soal onlinenya sangat membantu sekali..terimakasih

    ReplyDelete
  4. You are welcome, Semoga bisa bermanfaat .........

    ReplyDelete
  5. latihan soal ny sangat membantu sekali..terimakasih banyak...

    ReplyDelete