Sunday, December 22, 2013

Contoh Soal CPNS Formasi Bidang Teknologi Informatika Komputer

Selamat datang diblog kami, blog yang berisi contoh-contoh soal CPNS baik Tes Kompetensi Dasar maupun Tes Kompetensi Bidang. Contoh soal kali ini adalah TKB Teknologi Informatika Komputer disertai dengan pembahasannya. Jika anda ingin belajar yang lebih lengkap secara online, silahkan klik link dibawah postingan ini. Disitu sudah kami berikan 20 contoh soal yang semoga saja bisa menambah referensi belajar anda ketika menghadapi soal khususnya TKB Teknologi Informatika Komputer. Apabila ada kesalahan dalam pengetikan dan jawaban silahkan berikan komentar anda disertai bukti sumber yang valid.
 
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN 

1. Bagian komputer yang berfungsi sebagai otak pemrosesan data dan perhitungan adalah … 
a. Hardisk
b. Processor
c. Memory
d. Sound Card 
e. VGA Card

Jawaban : B
Penjelasan :
CPU disebut juga Processor. Alat ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu : Unit Kendali (Control Unit) disingkat CU, serta unit aritmetika dan logika (Arithmatic and Logical Unit) disingkat ALU. Tugas utama dari CU adalah mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Unit ini mengendalikan kapan alat masukkan menerima data, dan kapan data di olah, dan kapan hasil pemrosesan ditampilkan pada alat keluaran. Sedangkan   tugas   utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika sesuai dengan perintah   program. Dan tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan perintah program. 

2. Microsoft Windows XP Profesional termasuk ke dalam bagian Software … 
a. Sistem pengolah dat
b. Sistem Pengolah Kata
c. system Operasi berbasis Open Source
d. Sistem Operasi 
e. Sistem Pengolah angka

Jawaban : D
Penjelasan
Windows XP atau disebut pula Windows versi 5.1 adalah sebuah versi sistem operasi windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Nama XP sendiri, menurut Microsoft merupakan singkatan dari  kata experience,  yang artinya Windows XP merupakan suatu System Operasi yang membawa pengalaman baru dalam komputasi. 

3. Microsoft Office Word termasuk ke dalam bagian software … 
a. Sistem pengolah angka
b. Sistem Pengolah kata
c. Sistem Operasi berbasis open source
d. Sustem Operasi
e. Sistem Pengolah data

Jawaban : B
Penjelasan
Microsoft Office yang telah diluncurkan oleh Microsoft telah mengalami beberapa perubahan versi dari yang sebelumnya. Mocrosoft Word merupakan Program Aplikasi yang termasuk kedalam WordProcessor (Pengolah  kata). Dimana  dengan  menggunakan  aplikasi ini kegiatan perkantoran, terutama dalam hal pembuatan surat  akan  lebih mudah menggunakan aplikasi ini. Sedangkan untuk hal perhitungan dan pembuatan grafik. Microsoft telah menyertakan juga aplikasi yang berfungsi sebagai suatu alat yang digunakan dala hitung menghitung yaitu Micorsoft  Excel.  Dan untuk mengolahan data yang memerlukan pengolahan data yang cukup besar dan saling terintegrasi satu dengan yang lainnya. Micorsoft pun menyertakan suatu aplikasi yang berhubungan dengan database yaitu dengan nama Access. 

4. Pengertian HTML adalah … 
a. Halaman untuk Microsoft Office
b. Halaman untuk Spreadsheets Excel
c. Halaman kode-kode VB
d. Halaman untuk Internet
e. Halaman untuk pembuatan iklan

Jawaban : D
Penjelasan
HTML Singkatan dari Hypertext Markup Language. Adalah  suatu bahasa yang digunakan untuk membuat   sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi   di   dalam  sebuah browser   internet.   HTML   adalah   sebuah standar   yang digunakan   secara   luas   untuk menampilkan   halaman  web dan  HTML  kini  merupakan   standar internet yang saat ini dikendalikan oleh World Wide Web consortium (W3C). 

5. Perintah <TABLE HEIGHT=100> kegunaannya adalah untuk … 
a. Membuat tabel dengan tinggi 100
b. Membuat kolom dengan tinggi 100
c. Membuat Paragraph dengan tinggi 100
d. Membuat baris dengan tinggi 100
e. Membuat gambar dengan tinggi 100

Jawaban : A
Penjelasan
Pada umumnya height  merupakan attribut  dari  perintah-perintah pada suatu  tag yang berfungsi untuk memberikan ukuran tinggi dari suatu hasil yang akan ditampilkan di Halaman Web, Attribut Height bisa terdapat pada HTML, diantaranya :
<TABLE Height = “100”>…..</TABLE>
<IMAGE Height="150" Src="Picture.jpg"> 

6. Kode Marquee fungsinya untuk … 
a. Membuat efek animasi bergerak dari atas ke bawah
b. Membuat efek animasi bergerak bergelombang
c. Membuat efek animasi bergerak dari kanan ke kiri
d. Membuat efek animasi bergerak Zig-zag
e. Membuat efek animasi bergerak menyamping

Jawaban : C
Penjelasan
Tag <marquee> adalah suatu perintah yang digunakan dalam bahasa HTML, dimana perintah ini akan memberikan efek animasi bergerak secara default dari kanan ke kiri. Untuk memberikan efek yang berbeda dapat diberikan attribut Directon dengan pilihan sebagai berikut : left, right, up dan down.
Contoh :
<marquee direction="up">UP</marquee>
<marquee direction="down">DOWN</marquee>
<marquee direction="left">LEFT</marquee> 
<marquee direction="right">RIGHT</marquee> 

7. Kode Width berfungsi sebagai … 
a. Mengatur tabel
b. Mengatur lebar
c. Mengatur baris
d. Mengatur Tinggi
e. Mengatur Kolom

Jawaban : B
Penjelasan
Pada umumnya  width merupakan attribut  dari  perintah-perintah dari   suatu tag yang berfungsi untuk memberikan ukuran lebar dari suatu hasil yang akan ditampilkan di Halaman Web, Attribut Width bisa terdapat pada HTML, diantaranya :
<TABLE Width = “600”>…..</TABLE>
<HR Width = “50”> 
<IMAGE Width="200" Src="Picture.jpg">

SOAL ONLINE CPNS 

Berikut kami berikan link soal online CPNS TKB Teknologi Informatika Komputer. Silahkan klik link dibawah ini untuk mulai mengerjakan. Semoga bisa menjadi manfaat bagi yang memerlukannya. Namun bila anda tertarik ingin membeli soal CPNS yang lebih lengkap silahkan kunjungi disini.


0 komentar:

Post a Comment