Wednesday, September 4, 2013

Soal CPNS : Tes Intelegensi Umum [ Part III ]

Kali ini kami berikan soal online CPNS Tes Intelegensi Umum terbaru lengkap dengan 75 pertanyaan. Semoga dengan soal yang kami bagikan bisa menambah wawasan anda dalam memahami jenis-jenis soal semacam ini. Kelebihan dari soal yang kami posting kali ini adalah adanya pembahasan mengenai setiap jawaban yang di berikan, jadi anda bisa mengerti dimana letak kesalahan dan alasannya. Untuk waktunya sendiri adalah 2 : 40 menit. Luangkan waktu anda untuk berkonsentrasi menjawab soal yang kami berikan, namun jika anda berhenti ditengah jalan karena ada kesibukan lain, jangan kuatir lain waktu silahkan kunjungi kembali blog ini, tentunya akan kami terima dengan senang hati. Materi soal dalam Tes Intelegensi Umum diantaranya Tes Analisa Verbal [ tes persamaan kata/ sinonim, tes lawan kata/ antonim, tes padanan hubungan, dan tes pengelompokan kata ], Tes Analisa Numerik [ tes seri angka, tes seri huruf, tes aritmatik, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita. ], dan Tes Logika [ tes logika cerita, tes logika umum, tes analisa pernyataan, dan tes kesimpulan silogisme ]. Berikut kami berikan beberapa materi soal sebagai contoh ;



Contoh Soal Tes Intelegensi Umum

1. Sinonim DIKOTOMI :

a. kepala dua
b. biji dua
c. dibagi dua
d. dibagi rata
e. berkaki dua

Pembahasan

Jawabannya adalah dibagi dua. Dikotomi adalah pembagian atas dua kelompok yg saling bertentangan, maka jawaban yang tepat adalah dibagi dua.

2. Antonim REGRESIF :

a. progresif
b. agresif
c. destruktif
d. positif
e. kemunduran

Pembahasan

Makna regresif adalah mundur; berurutan mundur maka jawaban yang tepat adalah progresif (ke arah kemajuan).

3. Elang = Nuri

a. kucing = merpati
b. hiu = koki
c. paus = singa
d. kera = buaya
e. merpati = belalang

Pembahasan

Pilih hewan yang sejenis, elang = nuri adalah jenis burung jadi yang sesuai dengan soal adalah hiu = koki [ sama-sama ikan ].

4. Sinonim PEMUGARAN :

a. pemeliharaan
b. pengusiran
c. pembongkaran
d. perbaikan
e. penghancuran

Pembahasan

Pemugaran adalah proses, cara, perbuatan memugar; pembaharuan kembali; pemulihan kembali; perbaikan kembali.Kata pemugaran memiliki sinonim yaitu perbaikan, peremajaan, rehabilitasi, rekonstruksi, renovasi, restorasi.maka jawaban yang tepat adalah perbaikan.

Latihan Soal Online

Anda bisa belajar soal-soal CPNS secara online hanya disini. It's free alias gratis 100 %, belajar dengan model yang berbeda dan lebih menyenangkan. Setelah selesai mengerjakan, anda bisa tahu nilai/ hasilnya secara langsung, bahkan me-review kesalahan-kesalahan soal  jawaban anda. "Anda juga bisa membeli e-book murah dan lengkap berisi materi soal CPNS tahun kemarin dan Kisi-kisi soal CPNS Tahun 2013 beserta latihan soal dan Try Out online yang menggunakan sistem CAT [ Computer Assisted Test ], silahkan daftar DISINI."

Link Soal Online


Link Soal 1

0 komentar:

Post a Comment