Saturday, September 21, 2013

Latihan Soal CPNS Honorer K2

Anda kesulitan mencari contoh latihan soal CPNS Honorer K2? Bingung mencari materi latihan soal cpns asli dan soal cpns yang sesuai dengan standar resmi dari pemerintah ? Kami sangat menyadari dan mengerti kebutuhan anda, maka dari itu kami mencoba memberikan contoh latihan soal cpns khususnya soal CPNS Honorer K2 untuk menghadapi seleksi ujian cpns tahun ini dan semoga saja bisa memberikan tambahan materi dan semangat anda dalam belajar. Sebelumnya, berikut kami berikan beberapa contoh soal yang akan anda kerjakan :


Contoh Soal CPNS Honorer K2

1. Latar  belakang  Belanda menandatangani  perjanjian Masang  di Sumatera  Barat  karena pada saat itu Belanda harus ...
A. Meninggalkan kaum Padri di Sumatera.
B. Keluar dari Indonesia.
C. Mengakui kemenangan kaum Padri dan kaum Adat. 
D. Menghadapi perang Diponegoro di Pulau Jawa. 
E. Menghadapi perang Padri.
 
JAWABAN :
D. Menghadapi perang Diponegoro di Pulau Jawa. 
Perang Padri di Sumatera yang berlangsung tahun 1821-1837 ternyata hampir bersamaan dengan Perang Diponegoro di Jawa (1825-1830). Untuk menghadapi perang Diponegoro di  Jawa  dan  menghindari  kekalahan  lebih  lanjut  di  Sumatera,  Belanda  menggunakan taktiknya dengan bersedia menandatangani perjanjian Masang. 

2. Pada masa  pemerintahan  Sultan  Iskandar  Tani  (1637-1642)  buku-buku  karya  Hamzah Fansuri diperintahkan untuk dibakar di wilayah Kerajaan Aceh karena …
A.  Buku-buku tersebut memanipulasi ajaran Islam
B.  Aliran yang dianut ulama tersebut banyak dipengaruhi ajaran agama Hindu
C.  Isi buku tersebut dianggap sudah ketinggalan zaman
D.  Sultan Aceh akan melakukan revisi isi buku-buku tersebut 
E.  Ajaran-ajarannya dianggap sesat

JAWABAN :

E. Ajaran-ajarannya dianggap sesat Pemikiran  Hamzah  Fansuri  mengenai  tasawuf  yang  dituangkan  dalam  beberapa  karya bukunya dianggap sesat dan menyesatkan sehingga pada saat itu buku-bukunya dibakar.

3. Langkah  yang  dilakukan  Raja  Kertanegara  dari  Singasari  dalam mengembangkan wilayahnya adalah…

A.  Menyerahkan kekuasaannya kepada putra mahkota
B.  Bekerja sama dengan Kediri
C.  Melakukan ekspedisi Pamalayu
D.  Bekerja sama dengan Sriwijaya
E.  Membagi kerajaannya menjadi Panjalu dan Kediri
 
JAWABAN :
C. Melakukan ekspedisi Pamalayu
Salah satu langkah Raja Kertanegara dalam mengembangkan wilayah Singasari sehingga mencapai puncak kejayaan, yaitu melakukan Ekspedisi Pamalayu  tahun 1275 dan  tahun 1286 M. tujuannya untuk menguasai Kerajaan Melayu serta melemahkan posisi Kerajaan Sriwijaya di Selat Malaka. 

Latihan Online Soal CPNS Honorer K2

Terima kasih sudah berkunjung di blog kami. Jika anda mau ikutan try out soal CPNS, silahkan daftarkan diri anda DISINI. Bila anda ingin mulai mengerjakan soal dengan sistem online silahkan klik link dibawah ini :



2 comments:

  1. terimakasih.... brow...... ini sesuai kisi-kisi soal cpns tahun 2013 ?

    ReplyDelete
  2. udh sesuai karena soal dr sumber yg valid, tunggu aj soal selanjutnya akan kami share bln oktober klo tdk ada kesibukan lainnya

    ReplyDelete